AbabyAlbum

Blog Informasi dan Berita

penyebab dan cara menghilangkan cegukan

Ababyalbum – Cegukan menjadi suatu masalah yang menjengkelkan apa lagi ketika kita sedang menikmati makanan cegukan bisa saja menyerang, untuk kalian yang belum mengetahui pasti apa itu cegukan dengan pengertian medis, yaitu cegukan dalam bahasa medis Singultus yang terjadi ketika seseorang mengeluarkan bunyi seperti hik secara tiba-tiba, memang cegukan tidak dapat diprediksi secara pasti bisa terjadi saat makan dan minum, atau bisa pada saat terdiam. Kalian pasti berpikir bahwa cegukan hanya terjadi beberapa detik atau menit saja padahal ada loh orang yang mengalami cegukan hingga 48 jam, wah hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan mengganggu pernafasan. Cegukan dapat menyerang semua orang tanpa memandang usia seperti bayi, anak-anak, remaja, dan orang dewasa sekalipun. Biasanya bayi juga rentan terkena cegukan pada saat meminum ASI.

Cegukan secara fisik dapat memberikan tekanan pada pernafasan dan bagian perut, hal ini bisa saja sembuh dengan sendirinya dengan cepat tetapi jika kalian tidak menemukan kesembuhan ada baiknya untuk menghubungi dokter agar tidak terjadi sesuatu yang fatal, cegukan dapat membuat orang susah menjalani aktivitas dan mengalami susah bernafas maka dari itu jika cegukan ada baiknya untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dan berdiam dirilah sejenak agar cegukan dapat sembuh dengan cepat.

Jika di atas kita membahas apa itu pengertian cegukan dan apa saja yang dapat dirasakan pada saat cegukan, kali ini kita akan membahas bagaimana penyebab dan cara menghilangkan cegukan? Simak ulasannya.

Cegukan dapat terjadi ketika otot yang berfungsi untuk memisahkan perut dan dada yang dalam bahasa medisnya (Diafragma) yang berkontraksi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Faktanya fungsi pernafasan sangat bergantung dengan diafragma yang berkontraksi pada pernafasan manusia jika diafragma mengalami tekanan yang diakibatkan cegukan maka pernapasan seseorang akan terganggu. Saat cegukan berlangsung diafragma akan berkontraksi secara cepat hingga membiarkan udara masuk secara tiba-tiba dan sangat cepat hal inilah yang membuat bunyi Hik pada cegukan karena saluran katup pernapasan tertutup.

Hal di atas dapat dipicu oleh beberapa hal seperti saat sedang mengonsumsi makanan Pedas, minuman berkarbonasi/ beralkohol, merokok dan mengunyah dam menelan makanan dengan terburu-buru. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang terserang cegukan bisa setelah melakukan hal di atas atau bisa saja pada saat sedang melakukan hal di atas dengan respon langsung yaitu cegukan. Meskipun cegukan dapat berlangsung sebentar tetapi ada baiknya untuk menghindari penyebab yang dapat menimbulkan cegukan agar tak terjadi sesuatu yang berbahaya karena seperti yang sudah kita bahas di atas cegukan dapat berlangsung hingga dua hari yang akan mengakibatkan gangguan pernapasan dan pencernaan.

Jika kalian mengalami cegukan yang tak kunjung henti ada baiknya segera konsultasikan hal ini dengan medis, karena cegukan yang tak kunjung henti juga butuh diagnosis dan penanganan yang tepat, cegukan tidak boleh di sepelekan jika telah berangsur secara lama. Nah itulah pengertian dan penyebab cegukan semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kalian yang belum mengetahui apa itu cegukan dalam kondisi medis dan hal apa saja yang dapat menyebabkan cegukan, dan ingat cegukan tidak boleh di sepelekan loh ya agar kita tidak mengalami sesuatu yang lebih parah lebih baik konsultasi ke pihak medis atau bertanya pada orang yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *