Family Informasi Parenting

Metode Belajar Anak Dalam Menentukan Perkembangan Emosi Anak

perkembangan emosi anak

Ababyalbum – Perkembangan emosi anak pada usia dini sebenarnya akan berkembang secara alami. Akan tetapi, tetap membutuhkan dukungan penuh dari pihak terdekat terutama keluarga demi mengembangkan kecerdasan emosional dengan baik. Pemahaman emosi dan kemampuan dalam mengatur emosi bisa berdampak pada kesuksesan buah hati di bidang akademik.

Maka dari itu, bunda perlu memahami perkembangan emosi si kecil sedari dini sekaligus cara untuk mengatasi emosi mereka yang mungkin berlebihan. Berikut ini metode belajar si kecil dalam menentukan perkembangan emosi mereka di usia dini.

Metode Belajar Anak Dalam Menentukan Perkembangan Emosi Anak

perkembangan emosi anak

1.  Mencoba

Metode belajar anak pertama yakni mempelajari serta mencoba-coba. Anak akan mencoba beragam perilaku yang mereka ketahui serta memilih mana yang menurut mereka memberikan rasa senang dan mengeliminasi perilaku yang tidak memberikan rasa senang.

2. Meniru

Cara belajar ini melibatkan orang yang berada di lingkungan sekitar terutama orang tua. Emosi mana yang bisa mempengaruhi rangsangannya pada kondisi tertentu. Si kecil akan mengamati apa saja yang dapat membangkitkan emosi orang lain serta menirunya seperti yang dilihat. Misalnya apabila anak melihat orang yang sedang marah dan melempar barang, maka kemungkinan ia juga akan meniru perilaku tersebut.

3. Mengidentifikasi

Hampir sama dengan metode meniru, hanya saja dalam tahapan ini fokus pada orang yang mereka kagumi saja serta yang mempunyai ikatan kuat contohnya orang tua. Ini bisa menjadikan keinginan untuk meniru emosi dari orang tersebut terasa lebih kurat daripada meniru orang asing yang jarang bersamanya.

4. Mengkondisikan

Buah hati akan mengasosiasikan situasi dan objek yang gagal memancing reaksi emosional mereka.

Metode belajar perkembangan emosi anak ini sangat umum terjadi bagi mereka yang berusia di bawah 5 tahun sebab belum menyadari bahwa apa yang dilakukan sebenarnya tidak rasional.

5. Melatih

Perkembangan emosi si kecil yang bagus melalui bimbingan orang tua serta orang dewasa dengan mengajarkan bagaimana cara bereaksi pada emosi tertentu. Anak dilatih untuk memberikan reaksi terhadap rangsangan yang menyenangkan serta mengendalikan emosi terhadap rangsangan yang kurang menyenangkan.

Demikian ulasan mengenai metode belajar anak dalam menentukan perkembangan emosi anak. Sudah sepantasnya bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan contoh yang baik untuk mengontrol emosi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top