Family Parenting

Ketahui Penyebab Nafas Bayi Berbunyi Ngik Ngik

Nafas bayi berbunyi ngik ngik

Ababyalbum – Nafas bayi berbunyi ngik ngik biasanya disebut mengi. Mengi terjadi akibat saluran pernapasan yang menyempit. Biasanya hal ini terjadi pada orang dewasa. Namun, tidak jarang juga hal seperti ini terjadi pada bayi.

Alasannya, karena ukuran paru-paru bayi lebih kecil sehingga saluran pernapasan pun terbilang sempit. Hal ini membuat bayi susah dalam pertukaran karbondioksida dan oksigen. Jika bayi mengeluarkan bunyi seperti itu, coba Anda perhatikan apakah ada gejala lain yang timbul dari pernapasannya.

Nafas bayi berbunyi ngik ngik

Penyebab Nafas Bayi Berbunyi Ngik Ngik

Mengi tidak selalu terjadi pada bayi, tetapi sekitar 25% -30% bayi mengalami hal ini. Bagi Anda para Bunda, Anda harus mengetahui penyebab dari nafas bayi berbunyi ngik ngik. Yuk simak alasan bayi mengalami mengi!

1. Disebabkan oleh Alergi

Penyebab pertama bisa terjadi karena bayi alergi pada suatu hal yang mana hal itu bisa mengganggu saluran pernapasannya. Misalnya, debu, serbuk sari dan lain sebagainya. Hidung bayi akan mengalami penyumbatan dan bayi akan susah bernafas diakibatkan lendir yang menumpuk. Karena hal ini bayi bisa mengalami mengi.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Infeksi saluran pernapasan bawah atau biasa disebut Bronkiolitis ini terjadi karena virus yang menyerang paru-paru bayi. Biasanya hal ini terjadi pada saat cuaca dingin. Bayi akan kesulitan bernafas dan mengalami mengi. Hal ini biasanya berlangsung selama dalam hitungan hari dan minggu. Namun, tidak jarang jika ada hal ini terjadi hingga sebulan lamanya.

3. Bayi Mengalami Asma

Penyebab ketiga ini sangat sulit dideteksi pada bayi, karena tanda-tanda penyakit ini sama dengan penyakit yang lain. Anda tidak perlu khawatir saat bayi mengi, karena bukan berarti bayi Anda mengalami asma. Namun, jika mengi yang terjadi terus-menerus tidak berhenti. Anda harus membawanya ke dokter.

Nh itu dia penyebab bayi mengalami mengi atau nafas berbunyi ngik ngik. Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang memungkinkan bayi mengalami hal tersebut. Namun, selama bayi masih dalam keadaan normal Anda bisa merawatnya di rumah. Jika mengi bayi sudah terjadi beberapa waktu dan bertambah parah Anda bisa melakukan kontrol kesehatan ke dokter.

Tahukah Anda bahwa penyakit lain yang timbul pada bayi bukan hanya masalah pernafasan saja. Namun, si kecil juga bisa mengalami perut bayi kembung. Hal ini bisa Anda selesaikan dengan menggunakan Sleek Baby. Yang mana salah satu produknya ialah minyak angin Telon Oil. Produk tersebut dapat membantu menghangatkan perut si kecil serta melancarkan pernafasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top