Informasi Otomotif

Identifikasi Kebocoran pada Mobil Lewat Warna Cairan yang Dikeluarkan

Ababyalbum – Ketika Anda berada di tempat jual mobil bekas dan sedang mencari mobil yang akan dibeli, Anda disarankan untuk memeriksa bagian kolong kendaraan. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada mobil dengan melihat adanya tetesan pada bagian bawah mobil.

Meskipun begitu, tidak semua tetesan air yang terdapat di bawah mobil menandakan adanya kebocoran mobil. Untuk memastikannya, Anda harus melihat warna cairan tersebut sehingga bisa mengidentifikasinya.

tempat jual mobil bekas

1. Cairan berwarna bening seperti air

Biasanya, tetesan cairan warna bening ini bisa Anda temukan pada kolong sistem pendingin alias AC mobil. Jika menemukan tetesan seperti ini, maka Anda tak perlu panik karena hal ini wajar kok terjadi. Pasalnya, cairan yang keluar tersebut merupakan hasil dari proses kondensasi AC setelah digunakan.

2. Cairan berwarna cokelat tua atau hitam dan berminyak

Nah, jika tetesan cairan yang Anda temukan berwarna cokelat tua atau hitam serta terasa berminyak ketika disentuh, bisa jadi cairan tersebut adalah tetesan oli mesin. Jangan hanya dibiarkan, segera periksa apakah ada kebocoran di area sekitar filter oli, crank case, penyumbat buangan oli, serta oil pan mobil.

3. Cairan berwarna kemerahan dan berminyak

Apabila Anda pemilik mobil matic alias bertransmisi otomatis, tetesan seperti ini perlu Anda waspadai. Soalnya, tetesan cairan yang warnanya kemerahan–merah muda, merah, maupun cokelat kemerahan–dan berminyak ketika Anda sentuh bisa jadi adalah cairan transmisi.

Dalam kondisi ini, periksa dipstick cairan transmisi mobil Anda, dan tambah jika jumlahnya tidak mencapai ketinggian yang seharusnya. Dan jika cairannya berkurang terus, segera bawa ke bengkel.

4. Cairan berwarna biru, hijau, kuning, atau merah seperti air

Sementara, jika cairan yang keluar berwarna biru, hijau, kuning, atau merah biasanya ada masalah pada sistem radiator mobil. Segera cek apakah ada kebocoran di radiator, mesin, selang-selang, dan tutup radiator jika Anda menemukan tetesan cairan seperti ini.

Itu dia beberapa jenis cairan yang bisa menetes dari kolong mobil, beserta penjelasan tentang sumber, dan apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top