AbabyAlbum

Blog Informasi dan Berita

Hermina Kemayoran

Ababyalbum – Ibu hamil yang sudah memiliki embrio dan berkembang menjadi janin harus memiliki kesehatan yang selalu dikonsultasikan di Hermina Kemayoran. Sebagai ibu hamil, perkembangan janin sehat adalah hal yang paling diutamakan oleh karena itu perlu dipastikan ibu tidak mengalami masalah kesehatan. Masalah kesehatan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab perusak ginjal ibu dan membuat bayi yang lahir mengalami preeklampsia. Masalah jantung koroner yang memiliki resiko besar mengalami serangan jantung dan menyebabkan kematian ibu, diabetes pada ibu hamil akan memberikan resiko bayi lahir cacat, obesitas juga akan membuat ibu melahirkan secara prematus dan bayi mengalami cacat tabung syaraf.

Hermina Kemayoran

Berikut adalah perkembangan janin dalam perut ibu hamil:

  • Minggu pertama, menstruasi terlambat dan terjadinya kehamilan, membentuk 100 sel yang akan menjadi janin, membelah dan membuat sel lebih banyak lalu menempel pada rahim.
  • Minggu kedua, sel embrio mencapai 150 sel dengan tiga lapisan yaitu ekstoderm, mesoderm dan endoderm, lapisan tersebut menjadi organ tubuh seperti sistem reproduksi, sistem pencernaan, sistem syaraf, otot, tulang dan jantung.
  • Minggu ketiga, embrio menempel pada rahim, embrio kemudian membelah dan memperbanyak sel, lapisan terluar terbentuk dan beberapa organ tubuh seperti otak, organ jantung, pembuluh darah dan kelenjar tiroid mulai terbentuk.
  • Minggu 4, embrio sudah berukuran 5 mm, jantung dan fungsi pembuluh darah telah dapat mengalirkan darahnya sendiri, perlahan membentuk kaki dan tangan.

Selanjutnya, perkembangan janin pada minggu kelima dengan ukuran embrio sebesar 7 mm, memiliki bagian tangan tanpa jari, struktur dasar otak, mata, terbentuknya mulut, telinga dan sistem syaraf. Kehamilan minggu keenam, embrio berukuran seperti kacang polong sebesar 12 mm, membentuk kaki tanpa jari-jari, sistem pencernaan mulai dibentuk, terdapat telinga dan mata yang berkembang, bibir atas dan langit-langit mulut mulai mengalami pembentuk. Pada minggu ketujuh, embrio berukuran 19 mm, terbentuknya jari-jari, paru-paru mulai terbentuk, otot dan sistem syaraf dapat berfungsi, embrio sudah dapat menunjukkan refleks kepada ibu.

Memasuki kehamilan minggu kedelapan, sudah dapat disebut janin. Pada minggu tersebut janin mengalami pembentuk hidung dan kelopak mata, air ketuban mengelilingi janin untuk menjaga pergerakan janin dan membantu perkembangan jantung, janin sudah berukuran 3 cm. Kehamilan minggu kesembilan sudah terbentuk mata yang besar, janin dapat membuka mulut dengan pita suara dan kelenjar air liur, berukuran sebesar jeruk limo sekitar 5,5 cm. Minggu kesepuluh, janin bekerja dengan baik dan jantung janin sudah berdetak 180 kali per menit, sel tulang terbentuk untuk menggantikan tulang rawan yang sebelumnya mengalami pembentukan.

Berikut adalah lanjutan perkembangan janin diantaranya:

  • Minggu 11, menunjukkan perkembangan tulang wajah, kelopak mata tertutup, kuku terbentuk, janin dapat menelan maupun mengeluarkan urin melalui air ketuban.
  • Minggu 12, organ otot, tulang dan kelenjar sudah berfungsi, perkembangan maupun pematangan organ, tulang rawan menjadi tulang keras.
  • Minggu 13 hingga 17, dengan berat janin mencapai 57 hingga 113 gram dengan panjang 10 atau 13 cm, janin mengalami mimpi saat tidur, mulut janin dapat dibuka dan ditutup.

Selanjutnya pada minggu 18 hingga 22, berat janin mencapai 454 gram, janin sudah dapat mendengar dengan memberikan respon gerakan. Gerakan bayi membuat ibu dapat merasakan pukulan maupun tendangan dari bayi. Kehamilan minggu 23 hingga 26 memiliki kemungkinan besar untuk membuat janin bertahan, sudah terlihat bulu mata maupun alis dari janin. Perkembangan janin terus mengalami kesempurnaan hingga minggu keempat puluh dan dikonsultasikan dengan Hermina Kemayoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *